Daftar Kota dan Negara Tuan Rumah Piala Eropa 2020

Tuan Rumah Piala Eropa 2020

Piala Eropa merupakan pagelaran event sepakbola terbesar di benua biru yang melibatkan tim-tim besar. Turnamen empat tahunan satu ini menjadi salah satu yang paling ditunggu karena menyediakan pertandingan menarik antara tim-tim papan atas. Portugal merupakan negara juara bertahan dari event satu ini. Pada partai final Piala Eropa 2016, Portugal berhasil mengalahkan Prancis dengan skor tipis 1-0. Eder Lopes merupakan pahlawan kemenangan Portugal lewat golnya pada extra-time tepatnya pada menit ke-109.

Pada tahun ini, ada sedikit perubahan format dalam penyelenggaraan event tersebut. Untuk pertama kalinya Piala Eropa 2020 akan digelar di 12 kota dari 12 negara berbeda. Federasi sepakbola Eropa (UEFA) resmi mengumumkan daftar tuan rumah untuk turnamen ini setelah melakukan rapat Komite Eksekutif UEFA Kamis (07/12/17) di Swiss. Edisi kali ini juga sangat spesial karena bertepatan 60 tahun digelarnya turnamen tersebut.

Tuan Rumah Piala Eropa 2020

Piala Eropa merupakan turnamen yang diperuntukkan khusus cabang olahraga sepakbola pria di bawah naungan UEFA. Piala Eropa atau biasa dikenal dengan nama EURO ini sudah 60 tahun digelar sejak pertama kali digulirkan 1960. Semua negara di Eropa berhak untuk berpartisipasi pada event satu ini dan akan saling menunjukkan kemampuan demi menjadi sanga raja sepakbola di benua biru.

Sejak pertama kali digelar, turnamen ini sudah tercipta 15 edisi dengan 10 juara berbeda. Spanyol dan Jerman merupakan negara tersukses dengan raihan masing-masing tiga gelar dan Prancis berhasil memiliki dua piala. Selain itu ada nama Uni Soviet, Italia, Cekoslavia, Belanda, Denmark, Yunani dan Portugal yang juga berhasil mengangkat trofi juara. Spanyol merupakan satu-satunya negara yang berhasil mendapatkan dua gelar beruntun pada edisi 2008 & 2012.

Ide awal Piala Eropa diusulkan oleh Sekretaris Jendral Sepakbola Prancis yang bernama Henri Delaunay pada tahun 1927. Namun Delaunay wafat sebelum digelarnya turnamen perdana (1955). Untuk menghormati sang pencetus maka setiap trofi juara akan terdapat namanya dibagian bawah. Edisi perdana digelar di Prancis dan hanya diikuti oleh empat negara saja. Uni Soviet merupakan juara pertama dari turnamen ini. Mereka berhasil mengangkat trofi juara setelah mengalahkan Yugoslavia dengan skor 2 – 1.

Untuk tahun ini, UERO 2020 sengaja dibuat format berbeda dengan 12 tuan rumah. Hal ini diusung untuk memberikan euforia kepada semua negara di seluruh Eropa. Pada artikel kali ini akan coba kita bahas semua negara yang akan menjadi tuan rumah pada pagelaran turnamen edisi kali ini.

Tuan Rumah Piala Eropa 2020

Negara yang akan menjadi tuan rumah telah ditunjuk. Sebanyak 12 kota dari 12 negara akan menjadi tuan rumah dan menggelar semua pertandingan hingga partai puncak Piala Eropa. Perlu diketahui, karena terdapat 12 negara tuan rumah maka dari itu tidak ada yang langsung lolos otomatis keputaran final. Semua negara harus bertanding dan melalui babak kualifikasi untuk memperebutkan tiket keputaran final.

Berikut ini adalah daftar negara yang mengikuti kualifikasi Piala Eropa 2020:

Grup A : Inggris, Republik Ceko, Bulgaria, Montenegro, Kosovo
Grup B : Portugal, Ukraina, Serbia, Lithuania, Luksemburg
Grup C : Belanda, Jerman, Irlandia Utara, Estonia, Belarus
Grup D : Swiss, Denmark, Republik Irlandia, Georgia, Gibraltar
Grup E : Kroasia, Wales, Slovakia, Hungaria, Azerbaijan
Grup F : Spanyol, Swedia, Norwegia, Rumania, Kepulauan Faroe
Grup G : Polandia, Islandia, Turki, Slovenia, Macedonia, Austria
Grup H : Prancis, Islandia, Turki, Albania, Moldova, Andora
Grup I : Belgia, Rusia, Skotlandia, Sipris, Kazakhstan, San Marino
Grup J : Italia, Bosnia-Herzegovina, Finlandia, Yunani, Armenia, Liechtenstein

Ada sedikit perubahan format dalam turnamen kali ini. Kualifikasi dari 10 grup ini hanya akan diambil runner-up dan juara grup saja. Artinya tidak ada pengambilan peringkat tiga terbaik yang akan lolos keputaran final. Terdapat 20 tim yang akan melaju keputaran final, dalam kata lain masih tersisa 4 slot. Tahun ini diadakan UEFA Nations League bertujuan mencari empat tim semi-finalis yang akan mengisi sisa slot tersebut. Berikut ini adalah 16 negara yang akan menggelar babak play-off dari UEFA Nation League:

Liga A : Swiss, Portugal, Belanda, dan Inggris
Liga B : Bosnia-Herzegovnia, Ukraina, Denmark, dan Swedia
Liga C : Skotlandia, Norwegia, Serbia, dan Finlandia
Liga D : Georgia, Makedonia, Kosovo, dan Belarusia

Berikut ini adalah semua kota dan negara yang akan menjadi tuan rumah Piala Eropa 2020:

Grup A : Roma, Italia (Stadion Olimpico, kapasitas 72.698 penonton) & Baku, Azerbaijan (Stadion Olimpiade Baku, 68.700)
Grup B : Saint Petersburg, Rusia (Stadion Krestovsky, 68.134) & Kopenhagen, Denmark (Stadion Parken, 51.700)
Grup C : Amsterdam, Belanda (Johan Cruyff Arena, 56.000) & Bukares, Rumania (Arena Nationala, 55.600)
Grup D : London, Inggris (Wembley, 90.000) & Glasgow, Skotlandia (Hampden Park, 52.063)
Grup E : Bilbao, Spanyol (San Mames, 68.000) & Dublin, Irlandia (Stadion Aviva, 53.332)
Grup F : Munchen, Jerman (Allianz Arena, 75.000) & Budapest, Hungaria (Stadion Ferenc Puskas, 38.652).

Itulah semua negara yang akan menjadi Tuan Rumah Piala Eropa 2020 dan berlangsung mulai 12 Juni hingga 12 Juli 2020. Partai final dari turnamen ini akan berlangsung di Wembley Stadium.

Demikian artikel tuan rumah Piala Eropa 2020. Semoga artikel ini bisa memberikan anda sedikit informasi seputar pagelaran Piala Eropa 2020. Akhir kata saya ucapkan banyak terima kasih dan sampai jumpa lagi pada artikel menarik kami yang lainnya.

Tinggalkan komentar

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai